Skip to content

Kurikulum Sekolah

 
  1. Kurikulum

SMA Muhammadiyah 25 Pamulang menggunakan kurikulum 2013. Kurikulum yang diterapkan merupakan keterpaduan antara kurikulum kemendikbud dengan Hidden Curriculum  pendidikan Muhammadiyah. Kurikulum SMA Muhammadiyah memuat program-program pendidikan dan pembelajaran yang terbagi menjadi tiga kelompok bidang pengembangan: 1.Kelompok Mata Pelajaran (Kurikulum muatan wajib) 2. Kelompok Muatan Lokal 3.Kelompok kegiatan pengembangan diri.

             Muatan wajib, terdiri dari:            1.Pendidikan Agama Islam (Al-Islam), 2. Pendidikan Kewarganegaraan, 3. Bahasa Indonesia,  4. Bahasa Inggris,  5. Matematika,  6. Fisika,  7. Kimia,  8. Biologi,  9. Sosiologi, 10. ekonomi, 11. Geografi, 12. Sejarah, 13.. TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), 14. Seni Budaya, 15. Keterampilan Bahasa asing (Bahasa Arab), 16. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.

Muatan Lokal, terdiri dari: 1) Ismuba (Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab).  Al-Islam merupakan mata pelajaran pendidikan agama Islam yang telah diperkaya dan dikembangkan sesuai dengan paham keagamaan Muhammadiyah sedangkan kemuhammadiyahan merupakan pelajaran kekhasan dalam lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan persyarikatan Muhammadiyah. 2) Tapak Suci Putra Muhammadiyah adalah organisasi otonom berupa beladiri. Organisasi ini didirikan di Yogyakarta pada tanggal 31 juli 1963. Tugasnya adalah memberi dorongan bagi kader Muhammadiyah serta menampung kegiatan angkatan muda dalam seni beladiri. Kegiatan ini bertujuan untuk mendidik dan membina ketangkasan dan keterampilan seni beladiri bagi angkatan muda Muhammadiyah sesuai dengan azaz dan tujuan Muhammadiyah dan tidak menyimpang dari ajaran Islam.   

Pengembangan Diri, terdiri dari 1) Bimbingan Baca Al-Qur’an (BBA).   Sesuai dengan misi SMA Muhammadiyah 25, yaitu agar siswa mampu membaca Al-Qur’an dengan tartil (sesuai dengan tajwid), maka kegiatan ini diprioritaskan bagi siswa kelas X, sehingga ketika memasuki kelas XI, para siswa sudah mahir membaca Al-Qur’an. 2) Bimbingan Konseling; 3) Kegiatan ekstra kurikuler