Strategi Sukses Kompetisi Sains Nasional (KSN) Matematika

Sabtu, 13 Agustus 2022 SMA Muhammadiyah 25 Pamulang laksanakan kegiatan “Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka & Strategi Sukses KSN Matematika”. Kompetisi Sains Nasional (KSN) merupakan ajang Kompetisi Sains bagi pelajar SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional. KSN dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Narasumber pada kegiatan ini adalah Prof. Sukino, M.Sc penulis buku di penerbit Yrama Widya Grup. Lulusan S2 Universitas Tokyo. Pembicara yang sudah malang melintang dalam pembinaan OSN dna kepenulisan buku OSN.

Tujuan kegiatan ini seperti diungkapkan kepala sekolah Ibu Hj. Zesmita Umar, SH adalah sebagai stimulus agar siswa SMAM 25 juara satu OSN tingkat nasional dan agar guru lebih faham lagi tentang penerapan kurikulum merdeka.

Pimpinan perguruan, Bpk. Muhrawi, S.Pd dalam sambutan pembuka mengingatkan semua guru yang menjadi peserta kegiatan ini akan  pentingnya keunggulan dan kolaborasi. Mengutip Khittah KTT FGM 2022 tahun 2022, Beliau menuturukan agar stakeholder  

  1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas input, proses dan output pembelajaran.
  2. Meneguhkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai pusat keunggulan sekolah Muhammadiyah.
  3. Mewujudkan tata kelola sekolah berbasis edukasi digital Muhammadiyah dan ketahanan ekonomi sekolah.
  4. Mengembangkan model pendidikan fullday school sebagai alternatif kebutuhan masyarakat.
  5. Memperkuat kolaborasi dalam manajemen, SDM dan program unggulan dengan berbagai pihak.

Prof. Sukino, M.Sc menyimpulkan bahwa inti dari kurikulum merdeka itu adalah sederhana dan sistematis. Semua hal itu mudah selama kita mau mengikuti prosesnya. Yang instan itu kurang baik walaupun kadang diperlukan. (Har)